PPHH HORTIKULTURA KEMENTAN BANTU PEMBIYAYAAN PEMBANGUNAN DUA PAKET GUDANG PASCA PANEN DI CIANJUR


Jakartanewsonline.com– Cianjur, Ditjen Hortikultura Kementan melalui Direktorat Pengolahan Dan Pemasaran Hasil Hortikultura (PPHH) Kementerian Pertanian (Kementan) RI, membantu sekaligus mendanai pembangunan dua paket gudang pasca panen petani sayuran di Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Menurut Nurul Hikmat, SP, MP Kabid Hortikultura Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Cianjur Jawa Barat, Kamis (6/7/2023) tahun ini bantuan APBN dari Direktorat PPHH Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) ada 2 paket, yaitu berupa pembiyayaan pembangunan bangsal, sarana pasca panen sarana pengolahan dan pemasaran

ada 2 yunit paket bantuan bangsal pasca panen seluas kuran lebi 200 meter persegi untuk menampung hasil penen petani sayuran di kawasan pertanian yang terbagi di 2 titik yaitu di kecamatan Cugenang dan cipanas Kabuapten Cianjur,” kata Nurul Hikmat.

Nurul Hikmat juga menjelaskan, Tahun ini bantuan direktorat PPHH dari APBN nilainya 900 juta lebih untuk pembangunan dua paket, yaitu pembiyayaan pembangunan bangsal, sarana pasca panen sarana pengolahan dan pemasaran,” jelasnya.

“Tahun lalu Untuk bantuan APBN melaui Direktorat PPHH Ditjen Tanaman Pangan Kementan nilainya sebesar 500 juta, (nilai satu paket) untuk pembangunan bangsal atau gudang pasca panen dan bantuan peralatan pasar tani senilai 25 juta,” katanya.

Menurut Kabid Hortikultura Dinas Tanaman Pangan,Hortikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Cianjur Jawa Barat, Nurul Hikmat. Tahun lalu bantuan paket melaui APBN Direktorat PPHH Tanaman Pangan Kementan mendapatkan 1 paket, tahun ini dapat 2 paket, jadi ada kenaikan nominal jumlah bantuannya sebesar 900 juta tahun lalu hanya 500 juta,” katanya.

Ia juga megungkapkan, untuk Pembangunan Gudang pasca panen tersebut atau bansal anggaran tahun ini didanai oleh Direktorat PPHH Hortikultura Kementan bekerjasama petani setempat untuk penyediaan lahan bangunannya. Insyaa Allah bengunannya selesai akhir bulan juli ini dan siap di pergunakan untuk menampung hasil pertanian
seperti cabai dan sayur sayuran lainnya produk Hortikultura,” ungkapnya.

Asep salah satu petani di kabupaten Cianjur mengatakan, dengan adanya gudang pasca panen ini di desanya merasa sangat terbantu. Sebab, biasanya hasil panennya dibawa sendiri kepasar dengan tidak ada kepastian harga karena belum di sortir. Dengan adanya gudang STA ini hasil panennya bisa langsung dibawa ke gudang STA dan pembelinya sudah ada yg menunggu dengan membawa kendaraan sendiri di area STA tersebut,” katanya. (Bahar)

 

Berita Terkait

Top