ACARA PUNCAK KEGIATAN MERDEKA CUP TAHUN 2023 IKA UNHAS JABODETABEK BERJALAN SUKSES


Jakartanewsonline.com– Memperingati HUT kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 Tahun, Ikatan Alumni Universitas Hasanudin (IKA Unhas) Jabodetabek menggelar kegiatan jalan sehat, sebagai acara puncak rangkaian kegiatan Merdeka Cup Tahun 2023 di Stadion GBK Jakarta, Minggu (27/8/2023). Berjalan lancar dan sukses untuk perhelatan gelar acara dibeberapa tempat di Jabodetabek.

Gelar puncak acara Merdeka Cup 2023 Ika Unhas tahun ini di hadiri lansung Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc. Ia menyampaika pentingnya peran para alumni Unhas dalam meningkatkan reputasi kampus.

Rektor Unhas, Prof Jamaluddin mengungkapkan, tidak ada universitas di dunia terlahir dan menjadi besar, tanpa didukung para alumnìnya. Untuk itu, sekali lagi dukungan alumni begitu penting.

“Adik kita, yang sudah lulus tapi masih bermain, bahkan tidur di kampus, berharap alumni segera panggil mereka, kasih pekerjaan,” ucapnya.

Rektor Unhas ini mengutarakan, dukungan potensi alumni akan mendorong kekuatan citra Unhas. Almamater seperti layaknya ibu pertiwi. Almamater sebagai perekat lintas generasi dan sekaligus tempat beribadah jariah.

“Banyak alumni berhasil dan hartanya selain, disumbangkan anak cucu juga disisihkan beramal jariyah. Di Unhas juga ada dana abadi, mirip sebagai ibadah dan terus berkembang.” katanya.

Prof Jamaluddin juga mengatakan, para alumni diharapkan juga mampu menepis isu yang miring tentang Unhas yang belum tentu kebenarannya. Sebagai rektor Unhas secara khusus menyampaikan sedikit saja dari berbagai kebanggan Unhas.

“Berdasarkan penilaian dari Kemendikbudristek, bahwa Unhas berada di level 4 secara nasional. Indikator yang dinilai 8 kriteria yang ditentukan Kemendikbudristek.”

Hanya saja, menurut Rektor Unhas ini, dari berbagai informasi multi bidang, Unhas berada di urutan ke 12. Disinilah pentingnya keterlibatan para alumni untuk memperkuat citra Unhas. “Kita hadir di sini, untuk memperkuat semangat,” tegasnya.

Selain itu, lanjut Rektor Unhas Jamaluddin, tidak menginginkan para alumni malah malu. “Saya infokan sedikit, tahun lalu Unhas berada di urutan kedua, perlombaan internasional. dan masih banyak lagi.Kami sebagai pimpinan terus kawal para adik-adik, di tengah persaingan yang tinggi,” tuturnya.

Merdeka Cup Tahun 2023
Ketua Pelaksana Kegiatan, Dr.Andi Yusmanto yang juga sebagai Kepala Balai Karantina Pertanian Bandara Soekarno Hatta mengatakan, rangkaian kegiatan Merdeka Cup sudah dimulai sejak tanggal 20 Agustus lalu, dengan menanam 500 bibit pohon di Pakansari, Bogor. Kegiatan selanjutnya, permainan games, seperti mini soccer, domino, badminton, karaoke.serta berbagi doorprize.

Yusmanto yang akrab disapa Anto ini, mengatakan, kegiatan ini menghubungkan lebih dekat semua alumni dari berbagai fakultas Unhas di Jabodetabek.”Banyak senior, atau junior dan saling merangkul. Dan tak ada yang lebih bagus selain saling membahagiakan orang lain. Hidup dinikmati saja, banyak tertawa dan amal ibadah,”

Sementara Ketua IKA Unhas Jabodetabek, Muhammad Ismag, menuturkan IKA Unhas Jabodetabek dipandang spesial. Kegiatan Merdeka Cup sebagai ajang memupuk kekerabatan dan semua ini dimulai dati Jabodetabek.

Ia mengutarakan, setiap kegiatan IKA Jabodetabek selalu dihadiri Rektor Unhas. Sekarang ini, bagi IKA Unhas Jabodetabek memasuki proses transisi. Sekarang bukan kedepankan ketokohan lagi, tapi lebih didorong aspek semangat perantauan.

“Hadir kawan, teknik, hukum, kedokteran dan panitia dari pertanian. Hari ini, panggungnya sederhana, mungkin mereka banyak di sawah-sawah barangkali. Desain panggung mirip kelompencapir, namun tak mengurangi semangat.” urainya.

M Ismag menambahkan, bagi Alummus barangkali IP -nya mendekati 4 mungkin tidak sulit mencari kerja dan hidupnya lebih terjamin. namun bagi yang IP 2.0 tentu harus banyak berjuang.

“Nah, IP 2.0 ini banyak yang menjadi caleg, dan dewan. Jadi yang IP 2.0 malah pengawas dan penentu kebijakan. Mereka malah memberikan kebijakan, mengatur yang IP nya 4 itu. Itulah yang terjadi,” tuturnya.  (Bahar)

Berita Terkait

Top